|
Add caption |
|
Add caption |
|
Add caption |
|
Add caption |
|
Add caption |
|
Add caption |
Salah. satu kompetensi Kepala Sekolah yakni sufervisi terkadang banyak terabaikan, kendalanya di sana sini dan tidak terealisasikan dengan baik. Seyogiyanya Kepala Sekolah memiliki program sufervisi yang baik yang kemudian terealisasikan dengan baik juga. Di pihak guru kadang merasa terintimidasi dengan pelaksanaan sufervisi ini, banyak penafsiran yang simpang siur. Sufervisi dilaksanakan untuk meningkatkan cara pembelajaran yang ideal,memperbaiki kelemahan-kelemahan maupun meningkatkan hal-hal yang memiliki kelebihan dalam proses pembelajaran,sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas atau mutu pendidikan secara keseluruhan.
Dalam pelaksanaan sufervisi hendaknya Kepala Sekolah lebih menguasai seluk beluk sufervisi untuk menghindari salah penafsiran dari anggapan untuk memojokkan guru. Tahapan-tahapan sufervisi antara lain pra observasi,observasi dan post observasi. Pada tahapan-tahapan inilah terjadi kolaborasi,diskusi,maupun konfirmasi dalam meningkatkan cara pembelajaran yang efektif, efisien ,inovatif dan menyenangkan. Kepala sekolah dan guru bisa kerjasama saling mencurahkan ide gagasan-gagasan yang memiliki nilai perbaikan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang pada akhirnya menghasilkan output yang optimal yakni para siswa memiliki kesan edukatif yang permanen,
0 comments:
Posting Komentar