Rabu, 29 Juli 2015

SUPERVISI HERMANTO

SUPERVISI
PROGRAM SUPERVISI GURU KELAS DAN GURU MATA PELAJARAN
OLEH KEPALA SEKOLAH / PENGAWAS

NAMA SEKOLAH
:
SDN BABAKAN PEUNDEUY
WILAYAH BINAAN
:

KECAMATAN
:
KAWALU
KOTA
:
TASIKMALAYA
PROVINSI
:
JAWA BARAT
TAHUN PELAJARAN
:
2014 / 2015


NO
NAMA GURU / NIP
G.KELAS/
MT PELAJARAN
PANGKAT
GOLONGAN
PADA BULAN DAN TANGGAL
7
8
9
10
11
12
1
2
3
4
5
6
KET
1
Drs.SOPYAN SAORI,M.M.PD





.





8



2
ETE KOMARA, S.Pd





.





9



3
Hj. ATIK, S.Pd





.





10



4
Hj.LILIS HENI, S.Pd





.





11



5
NANDANG DARAJAT, S.Pd





.





12



6
OLIS PURNOMOSIDI, S.Pd





.





14



7
IPO SUTEJA, S.Pd





.





15



8
HERMANTO, S.Pd





.





16



9
NURKAMILAH  S.Pd





.





17



10
TIKA KURNIATI, S.Pd





.





19



11
TA.LESTI LESTARI, S.PdI





.





21



12
SAMROH  SOBARIAH, S.Pd






.





22





























































































                                            Tasikmalaya,    JANUARI 2015
                                                Kepala Sekolah




                                       HILMAN,S.Ag,M.Pd
                                       NIP. 196604121992121004


INSTRUMEN PEMERIKSAAN DAN PEMBINAAN ADMINISTRASI KELAS
A. IDENTITAS GURU
1. Nama Guru
:
HERMANTO,S.PD
2.Agama
:
Islam
3.Tempat dan Tanggal Lahir
:
Tasikmalaya, 15-12-1979
4.Pangkat dan Golongan
:
Pengatu, II c
5.Masa Kerja
:
09 Tahun
6.Menjadi Guru di Sekolah ini
:
05 Desember 2003
7.Ijazah Keguruan Tinggi
:
S1
8.Alamat Tempat Tinggal
:
Pamipiran Leuwiliang Kawalu Kota Tasikmalaya
9.Mengajar di kelas
:
V

B. ADMINISTRASI KELAS
No
KOMPONEN PENILAIAN
ADA
TIDAK
NILAI
1
2
3
4
1
Program Pengajaran Semester/Tahun




2
Analisis Kurikulum




3
Persiapan Mengajar




4
Rangkuman




5
Program Evaluasi




6
Analisis Evaluasi




7
Kumpulan Soal




8
Program Tindak Lanjut




9
Daftar Kelas




10
Buku Penilaian




11
Buku Mutasi Siswa




12
Buku Inventaris Kelas




13
Grafik Absen




14
Buku Penerimaan/Pengembalian Raport




15
Buku Keuangan




16
Buku Supervisi




17
Buku Tamu




18
Buku BP




19
Buku Notulen Rapat




20
Jadwal Pelajaran




21
Kalender Pendidikan




22
Denah Kelas




23
Buku Perkembangan




24
Daftar Regu Kerja




25
Papan Absen





JUMLAH




39
48

JUMLAH AKHIR




87
Keterangan :
Nilai akhir = Skor Perolehan x100%
NILAI AKHIR
Baik Sekali
 
                  Skor Maksimal
KetercaIIan :80%-100%     =Baik Sekali                                                                    
                      :70%-85%       = Baik
                      :55%-69%       = Cukup
                      :Dibawah 55%= Kurang
Kepala Sekolah


HILMAN,S.Ag,M.Pd
NIP. 196604121992121004

Tasikmalaya, 16 April 2014
Guru Kelas




HERMANTO,S.PD
NIP. 197912152009021004

SUPERVISI ADMINISTRASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN
( Berdasarkan Standar Proses )

Nama Sekolah
:
SDN BABAKAN PEUNDEUY
Nama Guru
:
HERMANTO,S.PD
Pangkat Golongan
:
Pembina,  IV A
Mata Pelajaran
:
Guru Kelas
Sertifikasi
:


NO
Komponen Administrasi
Pembelajaran
Kondisi
Skor Nilai
Keterangan
Sesuai
Ya
Tidak
4
3
2
1
1
Program Tahunan






4=Baik Sekali
3=Baik
2=Cukup
1=Kurang
2
Program Semester




3
Silabus




4
RPP




5
Kalender Pendidikan




6
Jadwal Tatap Muka




7
Agenda Harian




8
Daftar Nilai




9
KKM




10
Absesn Siswa




Jumlah Skor
16
18



Keterangan :
Nilai akhir = Skor Perolehan x100%
NILAI AKHIR
Baik Sekali
 
                  Skor Maksimal
KetercaIIan :80%-100%     =Baik Sekali                                                                    
                      :70%-85%       = Baik
                      :55%-69%       = Cukup
                      :Dibawah 55%= Kurang

TINDAK LANJUT :













Kepala Sekolah


HILMAN,S.Ag,M.Pd
NIP. 196604121992121004

Tasikmalaya, 16 April 2014
Guru Kelas




HERMANTO,S.PD
NIP. 197912152009021004









SUPERVISI KEGIATAN PEMBELAJARAN
( Berdasarkan Standar Proses )

Nama Sekolah
:
SDN BABAKAN PEUNDEUY
Nama Guru
:
HERMANTO,S.PD
Pangkat Golongan
:
Pembina ,  IV A
Mata Pelajaran
:
Guru Kelas
Sertifikasi
:



No
Komponen Administrasi Pembelajaran
Kondisi
Skor Nilai
Keterangan
Ya
Tidak
4
3
2
1
1
Kegiatan Pendahuluan








a.Menyiapkan Peserta Didik




b.Melakukan Apersepsi




c.Menjelaskan KD dan tujuan yang ingin dicaII




d.MenyamIIkan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus/kesiapan bahan ajar




2
Kegiatan Inti Pembelajaran







A.EKSPLORASI






1.Melibatkan siswa dalam mencari informasi dan belajar dari aneka sumber




2.Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lainnya




3.Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa serta antar siswa dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.




4.Melibatkan siswa secara aktif dalam berbagai kegiatan pembelajaran




5.Memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan




B.ELABORASI






1.Membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna




2.Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tulisan.




3.Memberikan kesempatan untuk brfikir,menganalisis,menyelesaikan masalah,dan bertindak tanpa ada rasa takut




4.Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif




5.Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar




6.Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik secara lisan maupun tertulis




7.Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok




8.Memfasilitasi siswa melakukan pameran,tournament,festival serta produk yang dihasilkan




9.Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa





C.KONFIRMASI






1.Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan,tulisan,isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan sisw




2.Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber




3.Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan




4.Berfungsi sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan




5.Membantu menyelesaikan masalah siswa dalam melakukan pengecekan hasil eksplorasi




6.Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang aktif dan memberikan informasi untuk bereksplorasi lebih jauh




3
Penutup







a.Membuat rangkuman/simpulan




b.Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan




c.Memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran




d.Memberi tugas terstruktur(PT)dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT)




e.MenyamIIkan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya




JUMLAH SKOR
12
78


116
Keterangan :
Nilai akhir = Skor Perolehan x100%
NILAI AKHIR
Baik
 
                  Skor Maksimal
KetercaIIan :80%-100%     =Baik Sekali                                                                    
                      :70%-85%       = Baik
                      :55%-69%       = Cukup
                      :Dibawah 55%= Kurang

TINDAK LANJUT :


Kepala Sekolah



HILMAN,S.Ag,M.Pd
NIP. 196604121992121004

Tasikmalaya, 16 April 2014
Guru Kelas






HERMANTO,S.PD
NIP. 197912152009021004







0 comments:

Posting Komentar